Ta’aruf Session dengan pemilik Peta


 Bismillahirrohmanirrohiim, kenalin namaku Dita Komalasari aku anak kedua dari pernikahan ayah dan   ibu yang sah. Disini aku akan mengajak teman-teman   berta’aruf dengan pemilik peta, ets tapi jangan   sensitif yaa? Sebab ta’aruf itu berasal dari bahasa   arab yaitu ta'arofa ya ta'arofu yang artinya saling   berkenalan. Meski maraknya di negeri ini ta’aruf bermakna ajang perkenalan menuju pernikahan, ya   walaupun sah sah ajah si,, tapi tetap ta’aruf versi kita   juga logis.

aku adalah si pemilik peta, sekarang aku sedang menempuh pendidikan sarjana atau strata 1, alhamdulillah sekarang sedang  duduk di bangku semester delapan, di tengah sibuk nya membuat penelitian, aku malah ikutan kelas coaching wkwkwk (muji diri sendiri). Tapi Jujur bukan untuk pamer atau ingin dipandang hebat, karena masih banyak yang lebih hebat dari aku, apalagi di kelas ini hampir keseluruhan pesertanya emak-emak. Wow hebat bukan?

Pokoknya kita perlu belajar manajemen waktu ke emak-emak macam ni.

Perkenalan nya sampai sini dulu ya, kapan kapan kita kenalan lebih dalem deh :)

2.      Katakan PETA.

Menurut Wikipedia peta adalah gambaran permukaan bumi yang ditampilkan pada suatu bidang datar pada skala tertentu. Sedangkan skala peta sendiri adalah perbandingan jarak pada peta terhadap jarak sebenarnya.

Duh.. Jadi kembali ke pelajaran SD lagi ya,? belajar definisi peta lagi wkwkwk.

Bay the way, itu di pelajaran apa ya waktu SD? Matematika kah? Atau ips kah? Tapi rasa-rasa nya itu mtk  kls 3 ku deh hehehe. Teman-temen bisa jadi lebih awal atau lebih akhir sih belajar nya, kan kita gak se SD, tapi kalo se SD insyaallah bareng yaaa?

Kalau menurutku sendiri peta adalah petunjuk. Sesimpel itu ya aku mendefinisikan hehehe jangan ditiru, definisi sesimpel ini kurang cocok untuk mahasiswa apalagi alumni.

Eh.. Tapi tapi.. Dibalik kata peta aku mempunyai makna tersendiri loh..

Aku beri nama peta dengan artian pena kita.

Kenapa blog ku diberi nama peta atau pena kita? Karena apapun yang aku publish di blog ku ini nantinya bukan pure murni dari pikiran dan perasaan ku pribadi. Sebab diri ku ini terbatas sedangkan ilmu itu gak berbatas, sangat luas, saking luasnya ilmu... Sampai sampai Allah memberikan perumpamaan di dalam al-quran "kalau seandainya pepohonan dijadikan pena dan lautan sebagai tintanya itu gak akan cukup untuk menulis semua ilmunya Allah" Dari ayat itu aku tersadar siapalah aku yang pantas memberi ilmu pada teman-teman semua. Aku hanyalah manusia biasa yang jauh dari kata istimewa, saking istimewa nya aku, aku ini gak bisa sebut huruf R loh wkwk. Tapi karena keistimewaan itu aku merasa jadi orang luar biasa. Kenapa sebab, tak sedikit orang yang mengejek ku karena keistimewaan ini. Disinilah aku belajar sabar dan beradaptasi dan berkreasi. Loh kok berkreasi? Iyaaa.. Aku selalu berpikir keras, agar aku bisa tetap tegar dan sabar. Bukan dengan diam tapi dengan menjadikan hinaan sebagai bahan candaan. Mungkin itu cara mereka yang ingin mengenal ku lebih dalam.

3.      Tagline

     Dari judul blog tersebut aku memilih tagline “most giving and more taking” Kenapa aku beri tagline “most giving and more taking”? Karna.. Barang siapa yang lebih banyak memberi manfaat maka ia akan mengambil manfaat yang lebih banyak. Karena banyak amalan yang Allah lipat gandakan.

Lewat peta ini, aku ingin menjadi perantara temen-teman untuk mengetahui suatu kebaikan. Karena ada dawuh nabi S.A.W "barang siapa yang menunjuki jalan kebaikan maka ia akan mendapatkan pahala yang setimpal” ada juga ayat quran yang artinya “barangsiapa yang mengerjakan kebaikan walau sebesar biji zarrah maka ia akan mendapatkan balasan yang setimpal, begitupun sebaliknya”

A.    Warna

Untuk warna aku ingin menggunakan kolaborasi tiga warna yaitu hitam-putih dan dipoles dengan warna orange atau jingga.

Menurut ku warna hitam berarti gelap, sedangkan warna putih yang mengandung arti cahaya kebenaran. jadi dari aku ingin memberikan warna putih kepada hitam dengan cara orange, maksud orange adalah kehangatan sebagaimana matahari terbit dan terbenam diwakili oleh warna orange. Jika dalam islam berdakwah dengan lembut, dengan kasih sayang bukan dengan paksaan karena sejatinya berdakwah itu mengajak bukan memaksa seperti dalam alquran yang artinya “tidak ada paksaan dalam beragama”

B.     Logo


Untuk logo aku menggunakan bola dunia dan yang berhasil digambar oleh pena. Dengan logo ini aku berharap pena ku atau tulisan ku dapat bermanfaat untuk semua manusia yang di dunia.


C.     Header

Untuk header, aku pake gambar maps. Kenapa aku pilih maps? Sebab sekarang zaman nya sangat modern nyaris tidak ada orang yang menggunakan petunjuk arah menggunakan kertas kecuali bila sedang hiking pramuka, iya kan hehehe?

Adapun di bawah nama peta aku kasih garis melengkung seperti lambang tak terhingga. Dengan ini aku berharap aku tetap bisa memberikan manfaat tanpa batas waktu.

Portofolio

Pendidikan

Lulus SDN Cigondang 3 (2011) 
Lulus MTs Darel Azhar (2014) 
Lulus MA Darel Azhar (2017)
Sarjana Starata 1 (2021) InsyaAllah bulan depan hehehe

Media Sosial

Ig : Thoban Najah
Fb: Dita Komalasari
Line: Dita Kzl
E-mail: titakomalasari1999@gmail.com

4.      Meta deskripsi

Meta deskripsi yang akan aku gunakan adalah PETA is a blog of pena kita tells about feeling, watching, and hearing from a writer. like education, motivation, etc.

5.      Niche blog

untuk niche blog aku memilih gado-gado, sebab aku belum bisa membatasi tulisan ku, maklumlah masih labil, aku hanya menulis apa yang terlihat, terdengar dan terasa. Seperti definisi pendidikan yaa

6.      Label / kategori

Adapun lebel yang dipakai dalam blog ini adalah:

A.    Lifestyle

Di kategori ini aku akan membahas seputar style kehidupan yang sesuai dengan syariat islam

B.     Parenting

Sedangkan pada kategori ini si pemilik peta akan membahas tentang tips mendidik anak, meskipun aku belum menikah dan melahirkan insyaallah si pemilik peta akan berbagi ilmu seputar pengetahuannya sebab ia juga mengajar di pesantren dan meneliti tentang pendidikan anak, tapi jika nanti sudah menikah dan mempunyai anak aku akan berbagi dengan pengalaman kupula, doain ya teman-teman semoga aku bisa menikah dengan yang satu frekuensi agar bisa mendidik anak dengan satu metode yaitu metode nabawi.  

C.     Motivations

Di kategori ini aku ingin berbagi motivasi ke teman-temen. Kenapa? Sebab cita cita ku menjadi best motivator. Pernah bermimpi seperti chairul tanjung yang menulis buku berkisah tentang kehidupan nya dengan judul “si anak singkong”. Mungkin karena kehidupan masa lalunya hampir menyeret ke kehidupan ku jadi akupun ingin berbagi kisah ini. Walaupun kesuksesan yang kita peroleh berbeda-beda.

D.    Daral Azhar

Karna aku tinggal di asrama Daral Azhar, eh lebih tepatnya pesantren. Jadi banyak sekali kegiatan yang berlangsung disini, dan jadipula... aku ingin berbagi kisah tentang kisahku disini, acara-acara yang ada disini. Siapa tau teman-temen tertarik dengan yayasan yang kutinggali ini. Btw kyaiku alumni gontor, jadi system nya gak beda jauh dari gontor.

E.     Stories

Adapun di kategori ini aku ingin bercerita secara khusus tentang pengalaman, perasaan, juga pikiranku. Baik berupa cerita, maupun quotes, sebab terkadang aku suka berbagi lewat quotes.  Karena banyak orang yang tersentuh dengan kata yang sedikit.

7.      Karyasi si Pemilik Peta

Aku tak pernah menghasilkan apapun, kelas coaching ini adalah kelas pertama yang aku ikuti, maka dengar besar harapan aku bisa mengikuti hingga titik akhir. Karena ilmu yang kudapat disini benar-benar baru.

Oh iya si pemilik peta pernah menjadi juara dua lomba puisi se-sekolah. Dan menjadi peserta lomba baca puisi b.inggris juga penah terpilih menjadi penyiar radio di pesantren, walau tak lama alhamdulillah pengalaman punya wkwkwk

kok jadi punya karya gisi yaa hehehe. gak apa-apa biar google kenal akh.


3 komentar

  1. Aduh, pagi-pagi dah diajak ta'aruf. Btw, akhirnya bisa kenalan dengan PeTa, Pena Kita. Bukan PETA (pembela tanah air), ya Kak?

    BalasHapus
  2. Salut sama anak-anak muda yang suka blogging eh background santriwati pula... Definisi keren sesungguhnya :) Andai bisa mengulang waktu kuingin jadi santriwati, apalah daya dulu nyantri ga semudah sekarang.

    BalasHapus
  3. Di sela-sela kesibukan menjadi santriwati, masih sempat menulis dan berbagi... Luar biasa. Tetap semangat ya, semoga istiqomah

    BalasHapus

Posting Komentar