thobannajah header

7 Cara Membahagiakan Diri Sendiri

Posting Komentar
cara membahagiakan diri sendiri
hay? Apa kabar kalian? Gimana? Udah lebih baikkan? Cape ya, ngertiin orang terus tapi gak pernah dingertiin balik? Tenang-tenang, aku juga punya tipsnya loh buat kalian yang ingin tahu bagaimana cara membahagiakan diri sendiri.

Inget ya, yang perlu dibagahiain itu bukan Cuma pasangan dan atau orang lain, tapi diri sendiri juga berhak untuk bahagia,

Aku pernah denger dari untaz didik pada saat quranic parenting beliau mengkatakan bahwa

Ada 4 yang perlu ditunaikan;

1. hak Allah

2. Hak diri sendiri seperti hobbi, merawat diri dsb

3. hak anak dan suami

4. hak tamu

Dari rentetan yang diuraikan diatas, hak untuk diri sendiri itu berada pada posisi nomor 2 atau setelah haknya allah.

Kang Nazrul anwar beliau adalah penulis buku menata hati juga pernah mengatakan bahwa; yang perlu dibahagiakan pertama kali adalah diri sendiri, sebab bagaimana bisa kita membari kebahagiaan kepada orang lain kalau diri kita sendiri aja gak bahagia.

Kira-kira seperti itulah kata-kata nya. Selengkapnya baca bukunya langsung aja deh hehehe.

Sekarang udah siapkan untuk berjuang dan berkorban untuk membahagiakan diri sendiri?

Atau masih blank ya? Bingung gimana caranya. Its oke guuys, aku tulisin tipsnya di bawah ya

Cara membahagiakan diri sendiri yang perlu di coba

Bismillah, aku tulis sesuai dengan pengalaman dari perasaanku dan orang-orang sekitarku yaa, semoga dapat membantu teman-teman yang sedang ingin bahagia.

Bahagia? Sebelum aku kasih tahu cara membahagiakan, sebaiknya kita cari tahu dulu apa itu bahagia?

Pengertian bahagia

Ada banyak banget pengertian bahagia dan atau kebahagiaan, tapi disini aku hanya mengambil dari tiga sumber diantarnya adalah;

Menurut kamus jago kata; bahagia adalah keadaan atau perasaan senang dan tentram (bebas dari segala yang menyusahkan)

Adapun menurut KBBI kebahagiaan adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan kesenangan, ketentraman hidup secara lahir dan batin yang maknanya adalah untuk meningkatkan visi diri.

Sedangkan menurut Seligman (2002) yang aku kutip dari universitaspsikologi.com kebahagiaan adalah psikologi yang positif dimana seseorang memiliki emosi positif berupa kepuasan hidup dan juga pikiran dan perasaan yang positif terhadap kehidupan yang dijalaninya.

Dari definisi diatas intinya bahagia itu hati senang pikiran tenang dan satu lagi aku tambahin ya perut kenyang, apalagi kalau ditambah kantong gak kosong itu definisi dari bahagia banget hehehe.

Setelah difinisi dari bahagia, sekarang saatnya kita menciptakan bahagia untuk diri kita. adapun cara untuk membahagiakan diri sendiri kalau aku pribadi sih punya banyak cara hehe.. tapi aku hanya bisa menuliskan beberapa saja yang menurutku cocok untuk teman-teman coba juga.

1. Belikan Makanan Kesukaan

Seperti definisi bahagia yang aku tuliskan diatas “perut kenyang” biasanya bête itu disebabkan oleh perut kosong, makanya perlu diisi dengan makanan yang bergizi yang sesuai hati. Misal makan rujak, dsb

2. Shopping

Menurutku sih ya, buat apa kerja mati-matian, sampe banting tulang sana sini, tapi gak bahagia. Sesekali gak masalah sih manjain hati dan juga mata untuk belanja yang sekiranya bermanfaat. Mungkin nggk berguna buat kita, tapi bisa jadi berguna buat orang.

Biasanya nih ya, kebanyakan kaum wanita suka beli baju, ya gakpapa beli aja, sekalipun kita masih punya baju. Ya siapa tahu bajunya bisa dikasih keorang,kan bermanfaat.

Tapi aku gak kasih saran kalian buat koleksi ya, sebab nanti baju-baju yang kita miliki akan dihisab.

Tapi kalau aku pribadi sih sukanya beli buku, walau memang buku yang di rak juga belum dibaca keseluruhan. Tapi dalam rangka membahagiakan diri sendiri sih gapapa. Toh yang baca kan bukan aku sendiri; bisa juga dipinjem yang lain biar lebih manfaat bukunya hehehe.

3. Nonton

Jujur sih aku gak begitu suka nonton, malah sering banget tidur pas nonton, tapi bukan karena filmnya yang gak seru. Ini sih memang akunya hobbi tidur hehe.

Kenpa aku saranin kalian buat nonton? Karena kebanyakan dari manusia baik pria ataupun wanita yang ada disekelilingku hobbi bangat nonton.

Ada yang hobbi nonton film horror, action, dsb. Tapi kebanyakan dari mereka drakor sih.

Kalau aku pribadi kalau memang mau nonton lebih memilih ke sejarah, selain merefresh otak, bisa juga tambah wawasan, dan gak termasuk dalam hal sia-sia insyaallah.

Contohnya seperti film; Kartini, Cut Nyak Din, Jend Sudirman, Bilal dsb.

4. Baca

Inget ya membaca berarti membuka jendela dunia. Menurutku sih membaca itu kebutuhan. Kalau aku lagi gak mood aku baca bukunya yang ringan-ringan contohnya novel-novel karyanya habibirrahman, tereliye mungkin dan masih banyak lagi sih.

5. Rebahan

Rebahan? Boleh-boleh aja sih asal jangan kebanyakan. Kebanyakan berdiri itu cape loh, sama kebanyakan rebahan juga cape, makanya jadi manusia itu harus ada pergerakan dan perubahan.

Tapi kalau memang lagi bête, cape sama kerjaan atau apalah, gapapa rebahan dulu aja, inget diri kita juga perlu bahagia.

6. Tidur

Berhubung hobby ku adalah tidur maka, apapun masalahnya tidur solusinya wkwkwk.

Sebagiab orang memang kalau lagi pusing malah susah tidur, tapi aku sih nggk, Alhamdulillah.

Mungkin karena pola tidurku sudah teratur ya hehe. O iyaaa.. aku gak menyarankan teman-teman untuk tidur di pagi hari, selain mengganggu kesehatan, tidur pagi juga tidak dianjurkan dalam islam. bahkan Rasulullah SAW pernah berkata; Berkahilah umatku di pagi harinya.

Bahkan kakak kelasku pernah mengatakan; sorenya seseorang itu ditentukan oleh paginya, kalau paginya males-malesan maka siang-sorepun bawaannya akan males, kurang lebih begitulah kata-katanya

7. Diskusi

Kalau aku sih, hobby ngobrol sama orang. tapi semoga gak ngobrolin orang hihihi.

Enak sih, kalau diskusi sama orang yang satu frekuensi, pemikiran tuh lebih kebuka gitu, kaya.. oh iya ya,, gitu ya ternyata. Eh iya loh. Asik banget, kadang suka lupa kalau lagi bête. Hehehe.

Alhamdulillah udah sampe dipenghujung hihi. Nah itu dia 7 Cara membahagiakan diri sendiri versi aku, dan selamat mencoba dan semoga berhasil.
Thob'an Najah
Assalamu'alaikum,, Tidak ada yang istimewa dari saya, saya hanya perempuan biasa yang ingin menciptakan hal luar biasa, lewat tulisan, semoga teman-teman suka yaa sama tulisan saya Salam kenal semuanya :'))

Related Posts

Posting Komentar