thobannajah header

Blogger Sejati Di Mataku

1 komentar

blogger sejati di mataku
design by canva
Bismillah aku mau ngebahas tentang blogger sejati dimataku, setelah lulus dari kelas blogspedia aku memang vakum nulis di blog.

Gak tau kenapa ya, sebenarnya aku bukan tipe orang yang aktif dan senang berselancar di dunia maya, ya.. paling mentok aktifnya juga di WA.

Tapi, walau begitu bukan alasan untuk aku agar gak menuliskan charisma blogger sejati dimataku, tetap saja untuk menilai dan melihat type blogger perasaan dan pikiranku masih mampu dan semoga akurat juga dapat diterima oleh temen-temen ya

Apa sih Blogger Sejati?


Sebelumnya aku mau tanya dulu temen-temen tau kan definisi dari blogger itu sendiri?

Baiklah aku kasih contoh, Seperti halnya selebgram yang mempunyai arti yaitu seleb di instagram. Maka, blogger adalah seseorang yang rajin nulis di platform blog, baik blogspot ataupun wordpress.

Sedangkan untuk menjadi blogger sejati gak bisa asal rajin nulis, ada beberapa yang perlu diperhatikan oleh blogger sejati, nanti aku tuliskan secara rinci.

Tapi sebelum ku tuliskan itu semua, aku mau me-review ingatan teman-temen ke belakang. Gampang aja sih, aku cuma mau tanya, teman-teman masih ingat big why temen-temen nulis di blog apa?

Kalau udah lupa, lebih baik susun kembali deh tujuan utama dari nulis di blog itu apa? Kalau udah inget yaa.. Alhamdulillah, itu tandanya teman-teman tidak melupakan alasan dan berarti masih berpengang teguhkan?

Menurutku menjadi blogger sejati itu gak mudah, kenapa? Karena selain harus tetap berpegang teguh pada alasan dan tujuan  yang benar, blogger sejati juga perlu memerhatikan isi bacaan.

Adapun hal yang perlu diperhatikan oleh blogger untuk menjadi sejati antara lain sebagai berikut;

Hal yang perlu di perhatikan oleh blogger sejati

1. Big Why

Setiap kita memang punya alasan dan tujuan terhadap apapun itu, dan aku yakin kita pasti akan terus tetap berusaha untuk berpegang teguh pada alasan dan tujuan kita sendiri.

Walau memang. Memegang tak semudah yang diomongkan. Karena banyak cobaan dan rintangan yang perlu dihadapi dan dilewati

2. Kualitas Tulisan

Jangan hanya karena ingin konsisten menulis, sehingga kita lalai mengenai kualitas tulisan (seperti aku ini wkwk).

Jujur, semakin sering nulis aku malah semakin males ups, walakhir, aku paksakan moodku untuk tetap menulis tapi terkadang bahkan sering kali aku lurpa mengenai kualitas tulisanku.

Terlalu fokus pada konsistensiku akhirnya aku mengabaikan kualitas tulisanku. Padahal dulu, aku selalu menulis menggunakan hati bukan jemari, jadi walaupun sedikit tapi banyak yang menikmati.

Euntuk saat ini entahlah, mungkin terlalu mengejar kuantitas sampe nulisnya gak berkualitas.

Dan aku dengan sadar diri bukan merupakan bagian dari blogger sejati, tapi aku masih berusaha dan tetap memperbaiki diri, eh mood dan tulisanku maksudnya.

3. Upgred Skill dan Ilmu

Untuk menjadi blogger sejati jangan pernah puas dalam skill dan ilmu yang dimiliki, apalagi jika memang masih pemula. Teruslah belajar dan menggali, sebab pada hakikatnya semakin banyak ilmu maka akan semakin kurang.

Begitupun dengan skill yang kita miliki, apalagi kalau masalah per-SEO-an, seo itu gak bukan ilmu pasti, tapi yang pasti kita tetap harus belajar dan menggali agar tulisan kita dapat terindeks oleh google sehingga dapat bermanfaat bagi umat

Dan jangan lupa untuk menambahkan gambar pada setiap tulisan yang kita post, karena itu dapat menarik minat pembaca

Menarik minat pembaca sama dengan menambah jaringan pahala kita

4. Alokasi Waktu

Baik blogger ataupun bukan, pasti membutuhkan menejemen waktu yang baik. Akan tetapi berbeda dari kerjaan yang lain blogger memerlukan waktu yang berbeda. Mengapa? Sebab yang dimainkan adalah dunia maya.

Apalagi orang model ku begini, yang gak banyak minat dalam perdunia mayaaan wkwkwk. Aku lebih suka berada di dunia nyata, sehingga tak perlu berpura-pura.

Sebenarnya dengan aktif di dunia maya itu dapat menperluas circle pertemanan kita loh teman-teman, seperti aku, ketika aku ikut nimbrung di grup blogspedia aku benar-benar merasakan adanya keluarga baru, ada sense belonging, sehingga keluarga mayaku dapat mempengaruhi aku.

Tapi, berhubung karena berbagai kesibukan di dunia nyata, jadi sering sekali aku melewatkan obrolan didalam sana, walhasil aku jadi gak seakrab dulu. Dan ngeblog ku mandet wkwk.

Nih aku kasih saran ya, lebih baik teman-teman membuat skala prioritas, jadi mana yang lebih utama untuk kita kita dahulukan, dan seterusnya. Adapun waktunya seperti jadwal sekolah aja yang punya jadwal pelajaran.

Kalau anak nangis kan gda jadwal ya? Ups.. sebaiknya izin terlebih dahulu pada suami, sehingga suami dapat menggatikan posisi kita (momong anak) sekalian biar ada interaksi antara anak dan ayahnya.

5. Perbaiki Komunikasi

Komunikasi adalah alat untuk berinteraksi dengan yang lain. Jika komunikasi kita baik maka akan terbentuklah hubungan yang baik pun sebaliknya.

Nah, blogger sejati juga gak bisa terlepas dari komunikasi, apa saja yang perlu diperhatikan blogger sejati dalam berkomunikasi;

a. saat berkomentar.

Usahakan balas semua komentar yang masuk ke tulisan kita, terima dengan lapang dada jika memang komentarnya kurang baik. Dan balaslah dengan komentar yang baik seperti firman allah dalam alquran;

ٱدْفَعْ بِٱلَّتِى هِىَ أَحْسَنُ

Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik,

Akan tetapi, jika kita yang menjadi komentator, jangan sampai menulisakna katakata kotor. Menulislah yang dapat membuat bahagia, kalau di aku si mba hamim hehe. Aku suka sekali pada komentarnya.

Itulah tips untuk menjadi blogger sejati menurut versiku

 

 

 

Thob'an Najah
Assalamu'alaikum,, Tidak ada yang istimewa dari saya, saya hanya perempuan biasa yang ingin menciptakan hal luar biasa, lewat tulisan, semoga teman-teman suka yaa sama tulisan saya Salam kenal semuanya :'))

Related Posts

1 komentar

  1. Setuju kak, aku juga ngerasa dirangkul banget di Blogspedia :D

    BalasHapus

Posting Komentar